Contextual Teaching Learning

Advertisement
Model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan pembaharuan pembelajaran yang berbasis pada kehidupan nyata para siswanya. Berikut ini pengertian Contextual Teaching Learning (CTL) menurut beberapa ahli:
  1. Contextual Teaching Learning adalah konsep belajar yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa (Nur Hadi)
  2. Pengertiann Contextual Teaching Learning menurut Jonhson CTL adalah sebuah proses pendidikan yang bertujuan untuk menolong para siswa melihat siswa melihat makna didalam materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subyek-subyek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka.
  3. Kesimpulannya Contextual Teaching Learning (CTL) adalah konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) bertujuan untuk:
  1. Memotivasi siswa untuk memahami makna materi  pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari sehingga siswa memiliki pengetahuan atu ketrampilan yang secara refleksi dapat diterapkan dari permasalahan kepermasalahan lainya.
  2. Menjadikan pembelajaran tidak hanya sekedar menghafal saja melainkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajari.
  3. Mengembangkan minat dan pengalaman siswa.
  4. Melatih siswa agar dapat berfikir kritis dan terampil dalam memproses pengetahuan agar dapat menemukan dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain.
  5. Membuat pembelajaran lebih produktif dan bermakna.
  6. Mengajak peserta didik untuk beraktivitas dengan mengkaitkan materi akademik dengan konteks kehidupan sehari-hari.
  7. Mengarahkan siswa secara indinidu untuk menemukan dan mentrasfer informasi-informasi komplek di sekelilingnya dan siswa dapat menjadikan informasi itu miliknya sendiri.
Advertisement

0 comments "Contextual Teaching Learning", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment